Breaking News
Home / Departemen / Departemen JIKOM / Kunjungan MA. K3 ke Perusahaan Yakult

Kunjungan MA. K3 ke Perusahaan Yakult

yakult_1K3 saat ini seharusnya bukan hanya menjadi wacana saja, melainkan harus diterapkan dalam berbagai lini pekerjaan. Untuk menerapkan K3 di perusahaan memang membutuhkan dana yang sangat besar, tetapi jika dihitung keuntungan jangka panjang. K3 akan menekan biaya produksi, menekan biaya berobat karyawan dan terpenting adalah meningkatnya produktifitas perusahaan.

Manfaat K3 bukan hanya dirasakan oleh perusahaan melainkan dirasakan oleh seluruh karyawan sebagai bentuk perlindungan mutlak bagi karyawan.

yakult_4

K3 saat ini dimasukkan ke dalam kurikulum mulai dari SMK sampai pendidikan tinggi. Pengenalan K3 sejak dini akan memberikan pemahaman yang luas sehingga K3 bukan hanya tanggung jawab pemilik perusahan melainkan menjadi tanggung jawab kita bersama.

Di Akademi Keperawatan Bina Insan Mata Ajar K3 diberikan 4 SKS. Dua SKS di semester V dan dua SKS di semester VI. Pemberian K3 pada mahasiswa DIII keperawatan ditujukan untuk memberikan modal dan bekal di dunia kerja. Sebagai bentuk Real proses pembelajaran  K3, maka Akademi Keperawatan Bina Insan melakukan kunjungan ke beberapa perusahaan untuk studi banding pelaksanaan K3. Perusahaan Yakult Indonesia merupakan perusahaan rujukan yang berdasarkan analisa K3 memiliki kelayakan K3 yang baik.

yakult_2

Kunjungan perusahan yakult diawali dengan pemaparan sejarah perusahaan yakult di dunia dan di Indonesia.Pemaparan dilanjutkan dengan manfaat yakult bagi kesehatan manusia. Kunjungan perusahaan dilajutkan ke bagian produksi. Ruangan I  adalah ruangan yang diperuntukan untuk inokulasi bakteri . Ruangan II diperuntukan untuk fermentasi susu selama 1 minggu  dengan ditambahkan bakteri dari ruangan I. Ruangan III ditujukan untuk pembuatan botol dengan mesin yang mampu menghasilkan 3 juta botol perjam. Ruangan IV adalah ruangan tempat produksi yakult dengan tenaga manusia yang digunakan sangat terbatas. Ruangan IV adalah ruangan pengepakan. Dari seluruh ruangan semua memperhatikan prinsip – prinsip K3. Seperti digunakannya alat pelindung diri; sepatu, tutup kepala, masker, kacamata. Desinfektan dalam bak semen sebagai pembatas ruangan pun terlihat jelas ada.

Pentingnya K3 dalam sebuah perusahaan terlihat jelas diterapkan oleh perusahaan Yakult. Selain peduli ke peningkatan produksi, K3 bagi perusahaan Yakult adalah bentuk perlindungan bagi karyawan.

-Ns. Agus Citra D SKep-

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

JasaWebSEO.net